Tugas Teguh Budi Laksono klik di halaman ini https://www.pasmata.com/keuangan/public/
Operator Logika dan Aritmatika Dalam Pemrograman PHP

Pasmata.com - Dalam topik pembahasan dalam ilmu pemrograman khusunya yaitu Bahasa Pemrograman PHP, kita harus mengenal apa yang dinamakan Operator Logika dan Operator Aritmatika pada PHP serta mengenal fungsinya untuk apa. Simak baik-baik artikel ini.

Operator Logika

Operator Logika pada bahasa umumnya yaitu Logical Operators, artinya yaitu sesuatu yang digunakan dalam proses pengolahan logika dalam bahasa pemrograman. Operator ini bertujuan menerapkan suatu logika algoritma dalam bahasa pemrograman. Tanpa menggunakan operator logika, suatu program tidak akan berguna, karena tidak akan bisa melakukan apa-apa.

Software ada dan dibuat untuk menyelesaikan masalah

Berdasarkan quote diatas, hendaklah dalam pembuatan software haruslah bermanfaat, minimal untuk pembuat itu sendiri, lebih lebih untuk orang lain.

Baiklah, berikut adalah tabel operator logika yang terdapat dalam pemrograman PHP.

Operator Logika Contoh Hasil Keterangan
AND $a AND $b, $a && $b Menghasilkan nilai TRUE apabila kedua operan sama-sama mempunyai nilai TRUE Operator AND dapat ditulis sengan syntax AND atau &&
OR $a OR $b, $a || $b Menghasilkan nilai TRUE apabila salah satu atau kedua operan mempunyai nilai TRUE. Operator OR dapat ditulis dengan syntax OR atau ||
XOR $a XOR $b Menghasilkan nilai TRUE apabila salah satu operan mempuyai nilai TRUE, tetapi tidak keduanya.  
NOT !$a Menghasilkan kebalikan dari nilai operan itu sendiri.   

Berdasarkan tabel operator logika diatas, mari kita buat sebuah pembuktian. Buatlah script php seperti di bawah ini.

// Logic AND &&
$a = TRUE;
$b = TRUE;
$hasil = $a && $b;
var_dump($hasil);

$a = FALSE;
$b = TRUE;
$hasil = $a && $b;
var_dump($hasil);

$a = TRUE;
$b = FALSE;
$hasil = $a && $b;
var_dump($hasil);

// Logic OR ||

$a = TRUE;
$b = FALSE;
$hasil = $a || $b;
var_dump($hasil);

Contoh lainnya bisa Anda buka di link ini http://phpfiddle.org/lite/code/kgcs-n417

Penggunaan operator logika ini nantinya akan sering kita gunakan pada saat kita memulai belajar membuat program. Apabila dilakukan penalaran pada penggunakan operator logika ini ialah outputnya sangat sederhana yaitu berupa jawaban IYA atau TIDAK saja. :)

Operator Aritmatika

Pengertian Operator Aritmatika adalah suatu operator yang digunakan untuk mengolah variable yang bernilai numeric atau angka. Proses apa saja yang bisa digunakan dalam operator aritmatika ini, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Namun perlu Anda ketahui juga, pada semua bahasa permograman mampu melakuakan proses modulus yaitu menghasilkan nilai sebuah operasi yang menghasilkan sisa pembagian dari suatu bilangan terhadap bilangan lainnya.

Karakter yang digunakan dalam operator logika:

  • Penjumlahan menggunakan karakter + (plus)
  • Pengurangan menggunakan karakter - (minus)
  • Pembagian menggunakan karakter / (slash atau garis miring)
  • Perkalian mengguakan karakter * (bintang)
  • Modulus menggunakan karakter % (persen)

Jika kita sudah memahami penggunaan operator logika diatas, setidaknya kita sudah bisa membuat program kalkulator sederhana. Contohnya bisa anda lihat script dibawah ini.

$a = 9;
$b = 10;

$hasil = $a + $b;

echo "Penjumlahan angka ".$a." dan angka ".$b." adalah ";
echo $hasil;

Untuk mencoba operator lainnya silahkan anda masuk pada link ini http://phpfiddle.org/lite/code/e729-9xkg, untuk mencoba mengutak atiknya. Jangan lupa untuk klik button "Run" untuk menjalankan script programnya.

Demikian pembahasan singkat tentang operator logika dan operator aritmatika pada bahasa pemrograman PHP. Jika ada yang perlu Anda tanyakan, silahkan ditanyakan melalui komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Anda baru saja membaca artikel dalam kategori Pemrograman dengan judul Operator Logika dan Aritmatika Dalam Pemrograman PHP. Anda dapat menyimpan halaman ini dengan URL https://www.pasmata.com/pemrograman/operator-logika-dan-aritmatika-dalam-pemrograman-php-zco7crc.html
SHARE ARTIKEL INI:

Topik Lainnya