Tugas Teguh Budi Laksono klik di halaman ini https://www.pasmata.com/keuangan/public/

Kupas Tuntas Pengertian SEO Website atau Blog

-
Kupas Tuntas Pengertian SEO Website atau Blog

Pasmata.com - Secara kata SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, yaitu sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan website/blog pada suatu mesin pencari. Dengan demikian jika website yang mempunyai SEO maksimal akan mudah dikenali oleh setiap mesin pencari.

Kegunaan SEO

SEO mempunyai beberapa kegunaan atau manfaat yang sangat istimewa bagi suatu website/blog. Apa saja kegunaan SEO bagi suatu website, berikut adalah 2 kegunaan SEO secara umum:

  1. Meningkatkan rating/ranking website, secara umum website yang mempunyai SEO yang maksimal, akan mendapat rating/rangking yang tinggi. Seperti halnya di alexa.com, yaitu website yang memberikan penilaian secara global terhadap suatu website. Ranking ini berguna sebagai referensi perusahaan-perusaan monetize, affiliate, atau adsense, dimana perusahaan tersebut akan memberikan penilaian terhadap website Anda apabila Anda ingin mengajukan kerja sama dengan perusahaan tersebut.
  2. Meningkatkan traffic, apa yang dimaksud dengan traffic? yaitu suatu lalu lintas visitor menuju situs Anda. Maka apabila situs Anda memiliki SEO yang maksimal, bisa dijamin situs Anda akan memiliki banyak pengunjung. Hal ini dikarenakan mesin pencari akan merekomendasikan/memunculkan situs Anda pada saat ada orang yang menggunakan mesin pencari.

Ilustrasi Google SEO

Macam-macam SEO

Perlu Anda ketahui, bahwa SEO mempunyai 2 macam. Mengapa demikian? penilaian search engine atau mesin pencari terhadap suatu situs, tidak sebatas pada kualitas isi konten yang ada, namun juga mengacu pada aspek-aspek lain yang berhubungan dengan situs Anda. Penjabaran tentang macam-macam SEO ini secara umum dibagi menjadi 2 macam, yaitu dikenal sebagai SEO On Page dan SEO Off Page.

SEO On Page

Jika diartikan secara bahasa, SEO On Page berarti suatu teknik SEO yang berada pada halaman. Ya, memang benar, SEO On Page memang berada pada halaman tersebut. Ada beberapa aspek yang menyangkut SEO On Page yang berguna untuk pengenalan situs terhadap mesin pencari.

Berikut aspek-aspek yang mendukung SEO On Page, yaitu:

  1. Struktur dokumen halaman. Yang dimaksud dengan struktur dokumen halaman ialah Script HTML yang membangun halaman situs tersebut. Mulai dari penggunaan dan pengaturan Meta Tag, Title Tag, dan Microdata Property. Semua hal tersebut haruslah relevan dalam setiap satu halaman HTML. Sehingga bot mesin pencari akan lebih mudah untuk memahami isi dari halaman situs web.  
  2. Isi konten. Setiap halaman situs tentunya mempunyai isi konten, isi konten tersebutlah yang juga menjadi penentu nilai SEO pada website. Penggunaan kata maupun kalimat yang unik dan relevan, isi konten yang bermafaat dan jelas menjadi kunci utama keberhasilan SEO pada website. Tentu saja jika ada website yang berisi konten yang copas (copy paste) akan sangat sulit terindex oleh mesin pencari, terutama mesin pencari Google. Pemilihan keyword yang relevan dalam isi konten merupakan kunci dari poin ini. Karena jika suatu konten yang jelas, akan mempunyai pembahasan yang fokus dan tidak melebar.
  3. Page Speed. Kecepatan pemuatan halaman juga berpengaruh terhadap SEO, hal ini terjadi karena dapat mempengaruhi bot mesin pencari pada saat merayapi situs Anda. Untuk melakukan uji kecepatan halaman, Anda bisa menggunakan fitur dari Google Insights. Memang tidaklah mudah untuk mengoptimalkan kecepatan suatu website.
  4. Themplate. Ternyata pemilihan desain themplate juga mempengaruhi SEO, pada era sekarang, themplate yang responsive lah yang mempunyai nilai yang bagus terhadap SEO. Bagaimana desain themplate yang baik untuk SEO, berikut beberapa poin yang harus dimiliki themplate:

    1. Responsive.
    2. Memiliki navigasi menu yang jelas.
    3. Porsi layout yang lebih luas pada bagian isi konten, untuk mempermudah mesin pencari mengetahui bagian mana yang berisi konten utama.

SEO Off Page

SEO Off Page adalah kebalikan dari pengertian dari SEO On Page. Dengan kalimat lain, SEO Off Page yaitu SEO yang berada diluar halaman namun masih berhubungan atau menyangkut bagian dari halaman tersebut. Apakah itu? yaitu suatu link/URL situs yang berada situs lain. Misalkan di situs aaa.com memuat link dari bbb.com, hal demikian sering disebut sebagai Backlink.

Sederhananya, backlink itu adalah link website lain yang merujuk ke website Anda. Misalkan dalam suatu web forum dengan alamat http://webforum.com membahas tentang kesehatan, lalu di situs Anda ada pembahasan tentang kesehatan di alamat url https://www.pasmata.com/kesehatan/5-cara-alami-untuk-menghilangkan-mata-panda-RhZzyPc.html. Nah, suatu ketika ada seseorang yang membuat atau mengomentari suatu thread dan mencantumkan URL situs anda tersebut sebagai referensinya lebih-lebih bila URL anda dicantumkan dalam tag HTML . Maka secara otomatis website anda mempunyai satu backlink dari situ webforum.com.

Tidak berhenti di backlink saja, salah satu SEO Off Page juga berupa stiker, poster, atau media cetak lainnya yang berisi alamat situs web Anda. Karena, bisa jadi melalui sarana media cetak tersebut situs web Anda mendapatkan pengunjung.

Anda baru saja membaca artikel dalam kategori Blogging dengan judul Kupas Tuntas Pengertian SEO Website atau Blog. Anda dapat menyimpan halaman ini dengan URL https://www.pasmata.com/blogging/kupas-tuntas-pengertian-seo-website-atau-blog-kphuhd0.html
SHARE ARTIKEL INI:

Artikel Terkait


Topik Lainnya